Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang lebih dikenal Corporate Social Responsibility adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untukberkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan denganmemperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan padakeseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Responsibility mempunyai manfaat yang beragam, diantaranya yakni untuk mempertahankan dan mendongkrak reputasi serta citra merek perusahaan, mereduksi risiko bisnis perusahaan, dan memperbaiki hubungan dengan regulator.

Secara teoretis, berbicara mengenai tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh perusahaan, maka setidaknya akan menyinggung 2 makna, yakni tanggung jawab dalam makna responsibility atau tanggung jawab moral atau etis, dan tanggung jawab dalam makna liability atau tanggung jawab yuridis atau hukum.

Banyak cara bisa dilakukan perusahaan untuk menerapkan program tanggung jawab sosial dan tetap menjaga keseimbangan Triple Bottom Line. Beberapa contoh perusahaan yang telah menerapkan program program tanggung jawab sosial antara lain :

Corporate Social Responsibility atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan merupakan suatu bentuk kepedulian perusahaan untuk membangun bangsa dan lingkungan sekitarnya. Tentunya, tanggung jawab sosial perusahaan ini tidak berorientasi keuntungan. Justru, tanggung jawab sosial perusahaan merupakan kegiatan nirlaba yang berorientasi pada kegiatan sosial.
PT XL Axiata sebagai pemegang brand kartu seluler XL sadar bahwa sebuah perusahaan harus mempunyai tanggung jawab sosial. Untuk itu, semangat dan rasa optimis mengilhami XL untuk membangun bangsa dan lingkungan yang hebat dan tangguh.
Sebagai bagian dari perkembangan kehidupan ekonomi di Indonesia, XL memiliki kepercayaan bahwa Indonesia memiliki kekayaan dan potensi yang besar dalam hal kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Program Indonesia Berprestasi XL

Untuk mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan, PT XL Axiata memiliki komitmen untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi secara langsung dalam proses pembangunan masyarakat Indonesia. Sebagai bentuk dari Corporate Social Responsibility (CSR), PT XL Axiata mengadakan program yang bernama Indonesia Berprestasi.
Program Indonesia Berprestasi itu didesain dengan khusus sebagai program CSR yang menyeluruh. Untuk mendukung program tersebut, PT XL Axiata fokus untuk memberikan kontribusi terhadap empat pilar bangsa. Empat pilar bangsa yang menjadi fokus CSR XL ini antara lain sebagi berikut : ekonomi, pendidikan, seni budaya, dan lingkungan .

 

http://www.xl.co.id

http://www.google.com

About these ads